KINERJA PEMASARAN JERUK SIAM DI KABUPATEN JEMBER, JAWA TIMUR (Marketing Work of Tangerine in Jember Regency, East Java)

Lizia Zamzami, Aprilaila Sayekti

Abstract


Salah satu jenis buah yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini adalah buah jeruk siam dengan rasa buahnya yang segar, banyak mengandung vitamin, harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan di mana saja. Salah satu daerah sentra produksi jeruk siam di Indonesia adalah Kabupaten Jember, Jawa Timur yang mempunyai potensi produksi sebesar 10.225.435 Kw dari jumlah tanaman yang menghasilkan sebanyak 3.107.098 pohon.  Besarnya tingkat potensi produksi tersebut perlu diikuti dengan sistem pemasaran yang baik untuk meningkatkan nilai tambah produk, namun demikian masih saja terjadi banyak masalah dalam pengelolaan pemasaran jeruk siam ini. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan informasi tentang kinerja pemasaran jeruk siam di Kabupaten Jember ditinjau dari aspek struktur pasar, perilaku pasar dan keragaan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemasaran jeruk siam di Kabupaten Jember masih belum efisien, karena berdasarkan struktur pasarnya belum mencapai pasar bersaing sempurna; berdasarkan perilaku pasar, rantai pemasaran yang terbentuk relatif cukup panjang; dan berdasarkan keragaan pasarnya, nilai biaya dan keuntungan bervariasi, serta share harga yang diterima petani masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya harga jual jeruk siam sampai di pasar eceran tidak tertransmisikan dengan baik ke tingkat petani, sehingga petani tetap memperoleh bagian harga yang kecil dan berfluktuasi.

 

Kata Kunci : struktur pasar, perilaku pasar, keragaan pasar


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

width="60" width="60" width="60" width="60"
 

Universitas Pekalongan

Jl. Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan 
Jawa Tengah. Indonesia, 51111
Telp. (0285) 421 096, 421464, 426800