BENTUK KALIMAT PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KAMPUNG SAGA DESA TOBAT KECAMATAN BALARAJA KABUPATEN TANGERANG-BANTEN (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Ade Siti Haryanti

Sari


Pertumbuhan dan perkembangan berbeda pada setiap anak, tergantung banyak hal mulai dari anak pada masa dalam kandungan sampai dengan masa kelahiran hingga pada masa pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang pemerolehan bahasa anak usia3 s.d 5 tahun di Kp. Saga Desa Tobat Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang-Banten ditinjau dari segi kajian psikolinguistik. Penelitian ini  menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Diperoleh data bahwa anak usia 3-5 tahun sudah mampu menggunakan tiga jenis kalimat berdasarkan fungsinya. Hal tersebut dilihat dengan taraf presentase untuk jenis kalimat Deklaratif (kalimat ini berfungsi untuk menyampaikan suatu hal biasanya berupa informasi atau fakta yang disampaikan tanpa mengharapkan respon atau balasan) berada pada presentasi 44,4% jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kalimat Interogatif 24,4% (kalimat ini bertujuan untuk menanyakan suatu hal kepada pihak yang ditanya) dan 31,2% untuk kalimat imperatif (kalimat ini berisi perintah atau bujukan kepada seseorang agar seseorang tersebut melaksanakan perintah atau bujukan). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seorang anak sudah mampu menggunakan bahasa sesuai dengan fungsinya, hanya saja konsep dan struktur kalimatnya belum jelas dan sempurna karena dibutuhkan kematangan mental seorang anak. Fungsi bahasa bahasa pada anak usia 3-5 tahun ada tiga yaitu (1) fungsi informasi, yang berfungsi untuk menyampaikan pesan atau amanat kepada orang lain, (2) fungsi eksplorasi untuk menjelaskan suatu hal atau pekara, dan keadaan. (3) fungsi persuasi untuk mempengaharui atau mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu secara baik-baik.

 

Kata Kunci: Bentuk kalimat, usia 3-5 tahun, kajian psikolinguistik


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Andika, Duta Bachari dan Kholid A. Harras. 2009. Dasar-dasar Psikolinguistik. Universitas Pendidikan Indonesia Press. Jakarta.

Mulyani, Sri. Dan Ade Siti,H. 2015. Teori Belajar Bahasa. Pustaka Mandiri. Tangerang.

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian: Sebuah Pengenalan dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.