HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU ANAM KABUPATEN SIMALUNGUN 2018

Sari Saraswati Purba, Evawany Yunita Aritonang, Zuraidah Nasution

Abstract


 

 

 

ABSTRAK

Pendahuluan, status gizi balita diukur dengan indikator berat badan/tinggi badan dandiinterpretasikan berdasarkan klasifikasi status gizi WHO. Pada tahun 2013kabupaten simalungun memiliki 12.1% penderita gizi buruk dan 8,2% gizi kurang.Pada tahun 2017 kasus gizi buruk dan gizi kurang sebanyak 13 anak.Tujuan,tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan status gizi balita di Wilayah Kerja Puskesmas Batu AnamKabupaten Simalungun. Metode, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian survei analitikdengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi ibu dan anakbalita berjumlah 1800 balita dan sampel nya 95 ibu anak dan balita.Hasil, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuhmakan (P= 0,001), terdapat hubungan yang tidak signifikan antara pola asuhkesehatan dengan status gizi (P=0,237) dan Pola asuh diri tidak terdapat adanyahubungan signifikan dengan status gizi (P=0,724). Hasil analisis multivariatdidapatkan terdapat satu variabel yang berpengaruh denga pola asuh makan yang baik(OR=2.542).Kesimpulan,status gizi anak balita di pengaruhi oleh pola asuh makan. Saran, studi ini menyarankan kepada ibu-ibu agar memperhatikanasupan makan serta perawatan kesehatan anak. Ibu juga seharusnya membawa anaksecara rutin ke posyandu atau pelayanan kesehatan terdekat.

Kata Kunci : Pola asuh, Status Gizi, Balita

.

 

 

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurlinda A. 2013. Gizi dalam Siklus Daur Kehidupan: Seri Baduta (Untuk Anak 1-2 Tahun). Penerbit Andi;

Sari I. 2018. Peran International Labour Organization (ILO) Dalam Mempromosikan Kerja Layak Bagi PRT di Indonesia. University of Muhammadiyah Malang

Kesehatan. 2012. IK. Surat Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor KU. 01.04/4/279/2012 tentang penyaluran gaji pegawai tidak tetap-[PERATURAN].

Penelitian B, RI PKKK. 2013. Penyajian Pokok-Pokok Hasil Riset Kesehatan Dasar Jakarta Kemenkes RI.

Nursal DGA, Tamela P, Fitrayeni F.2014. Faktor Risiko Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil di Rsup Dr. M. Djamil Padang Tahun. J Kesehat Masy Andalas. 2017;10(1):38–44.

Prahesti A.2001. Hubungan Pola Asuh Gizi dengan Gangguan Pertumbuhan (Growth Faltering) pada Anak Usia 0-12 Bulan (Studi di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang). Diponegoro University

Kurniati.2003. Hubungan Pola Asuh Gizi Dengan Perkembangan Bayi Usia 6 - 12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Agung Provinsi Sumatera Selatan.

Subekti, Sri. Yulia C. 2012. Pengetahuan Gizi dan Pola Asuh Ibu Anak Balita Gizi Kurang di Kelurahan Pasteur Kecamatan Sukajadi Bandung. Invotec.

Suwiji E. 2006. Hubungan Pola Asuh Gizi Dengan Status Gizi Puskesmas Medang Kabupaten Blora.

Husin CR. 2008. Hubungan Pola Asuh Anak denga Status Gizi Balita umur 24-59 bulan di Wilayah Kerja Terkena Tsunami Pidie Jaya Aceh. Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Nainggolan J. 2013. Hubungan antara pengetahuan dan sikap gizi ibu dengan status gizi balita di wilayah kerja puskesmas Rajabasa indah Kelurahan Rajabasa Raya Bandar Lampung. Fak Kedokt Univ Lampung.

Puskesmas Batu Anam. 2017. Profil Puskesmas Batu Anam. Kabupaten Simalungun

Moleong L. 2013. Metodologi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif). Yogyakarta: Fitramaya

Astuti FD, Sulistyowati TF. 2016. Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dan Tingkat Pendapatan Keluarga Dengan Status Gizi Anak Prasekolah Dan Sekolah Dasar Di Kecamatan Godean. J Kesehat Masy (Journal Public Health.

Asrar M, Hadi H, Boediman D. 2009. Pola Asuh, Pola Makan, Asuhan Zat Gizi dan Hubungannya dengan Status Gizi Anak Balita Masyarakat Suku Nuaulu di Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. J Gizi Klinik Indonesia.

Depkes RI. 2005. Pedoman Pemberian ASI dan Makanan Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Soetjiningsih. 2011. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Lubis R. 2018. Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Status Gizi Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura kabupaten Langkat

Supariasa. 2012. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC

Linda O, Hamal DK. 2011. Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan Orangtua serta Pola Asuh dengan Status Gizi Balita di Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten. Proseding Penelit Bid Ilmu Eksaskta

Setiawan D. 2014. Keperawatan Anak dan Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta: Nuha Medika

Proveawati A, Asfuah S. 2009. Buku Ajar Gizi untuk Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Universitas Pekalongan

Jl. Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan 
Jawa Tengah. Indonesia, 51111
Telp. (0285) 421 096, 421464, 426800