Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal PENA  menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mencakup kebijakan iptek dan penerapan teknologi bagi kehidupan.

 

Section Policies

Article

Berisi artikel utama naskah jurnal

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

  • Reviewer menerima naskah double blind review dari editor bagian atau sekretariat redaksi. Apabila tidak sesuai kompetensinya, reviewer berhak menolak naskah dan merekomendasikannya ke reviewer lain yang lebih kompeten.
  • Satu orang reviewer minimal mereview satu artikel dan satu artikel minimal direview oleh satu reviewer.
  • Reviewer menelaah naskah dari aspek kualitas dan substansi penulisan (bukan tata bahasa naskah), yang mencakup keterbaruan, keaslian, kemanfaatan, serta kevalidan kutipan dan daftar pustaka.

 

Publication Frequency

Jurnal ini terbitan bulan Mei dan November setiap tahun.

 

Open Access Policy

Hak akses seluruh konten publikasi jurnal ini bersifat open access untuk tujuan nonkomersial [lihat ketentuan hak cipta].

 

Publication Ethics

PENA: JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI adalah jurnal yang dikelola secara profesional oleh Universitas Pekalongan dengan menjunjung tinggi hak cipta, privasi, dan kaidah-kaidah publikasi ilmiah. Setiap artikel yang diterbitkan fokus pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Artikel ditulis oleh penulis yang kompeten dibidangnya dan bersumber dari hasil kajian/penelitian. Setiap isi artikel mengandung nilai-nilai keterbaruan (novelty), keaslian (originality), dan kemanfaatan (usility). Untuk meningkatkan kualitas jurnal dan profesionalisme penulis, editor, reviewer, dan pengelola jurnal, ditetapkan “Etika Publikasi
Ilmiah ”. Etika publikasi ilmiah ini diharapkan dapat menghindari terjadinya malpraktik dalam penerbitan jurnal dan aman dari pelanggaran hak cipta, seperti duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme. Etika publikasi ilmiah ini mengacu pada Peraturan Kepala
LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Etika publikasi ilmiah ini
diharapkan dipatuhi dan dilaksanakan oleh penulis, editor, reviewer, dan pengelola jurnal.