PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21 PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Indah Lestari Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis pembelajaran inovatif abad 21 pada materi operasi hitung pecahan untuk kelas V SD. Pengembangan RPP dan LKPD menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran inovatif abad 21, lembar pengamatan aktivitas guru-peserta didik, angket respon peserta didik dan dianalisis. Teknik analisisnya menggunakan presentage of agreements untuk melihat RPP dan LKPD yang digunakan dapat dipercaya. Pengembangan RPP dan LKPD ini dilakukan validasi ahli dan uji coba terbatas, hasil validasi ahli diperoleh RPP dan LKPD sudah bisa dilanjutkan untuk penelitian dengan sedikit revisi. Pada uji coba terbatas pengembangan RPP dan LKPD dilaksanakan pada peserta didik SDN 09 Kota barat kelas V tahun pelajaran 2021/2022. Hasil uji coba ini dilihat dari hasil analisis lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran inovatif abad 21, lembar pengamatan aktivitas guru-peserta didik dan angket respon peserta didik menunjukan bahwa presentasi reliabilitas dikategorikan tinggi. Hal ini dapat dilihat bahwa RPP dan LKPD berbasis pembelajaran inovatif abad 21 yang digunakan dapat dipercaya dan dapat digunakan untuk pengambilan data. Berdasarkan hasil uji coba secara statistik menunjukan dengan hasil pengukuran menggunakan lembar pengamatan tersebut, RPP dan LKPD berbasis pembelajaran inovatif abad 21 memenuhi atau dapat dipercaya, hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan intervalnya yang tidak jauh perbedaannya. Dengan demikian RPP dan LKPD yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika

Full Text:

PDF-INDONESIA

References


Abbas, N. (2002). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Di SMU. Hasil Penelitian: Tidak Dipublikasikan. Gorontalo : IKIP Negeri Gorontalo

Abbas, N., Ismail, S., & Pautna, T. (2008). Penerapan Model-model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Guru Mengelola Pembelarajan dan kompetensi Siswa Kelas X SMA. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Abbas, & Zakaria. (2014). Pengembangan Dan Impelementasi Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga Serta Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Matematika Siswa Smp Di Provinsi Gorontalo. November, 1–153.

Astuti, M. H. P., Margunayasa, G. I., & Suarjana, M. I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 269-277

Azka, R., & Rusgianto, H. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Untuk mencapai Ketuntasan dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78-91

Devita, Yulianti, & Sutiarso. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas Xi Ipa Sma Di Bandar Lampung Oleh. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 1–18.

Hafid, A. (2015) Pembelajaran Inovatif (menggali karakter/potensi siswa). https://www.kompasiana.com/afdhilhafid/54f94d4ba33311f1068b4c3b/pembelajaran-inovatif-menggali-karakterpotensi-siswa

Herawati, A., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Discovery Learning dengan Construct 2 dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 396. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16157

Hulukati, E., Magelo, C., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Katili, N., Ibrahim, R. Y., & Arsyad, A. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667

Kemendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Miyarso, E. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Modul 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nuraini, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020) Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799. http://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957

Nuraziza, R., & Suwarma, I. R. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving Yang Dimiliki Siswa Smp Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 55. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941

P21 (Partnership for 21st Century Skills). (2011). Framework for 21st century learning. www.p21.org/our-work/p21-framework

Priyanti, R. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed. https://digilib.unimed.ac.id/38906/3/ATP%2058.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta, CV.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Intructional Development for Training theachers of Exceptional Children. A Source Book. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington.

Takaendengan, Anwar, Nirwana, & James. (2013). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(level 3), 12–26.

Wahyono, B. (2016). Pengertian pembelajaran inovatif dan tipe-tipenya. Pendidkan Ekonomi.

Wahyuni, S., & Ibrahim, A. S. (2012). Perencanaan pembelajaran bahasa berkarakter. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v12i1.3154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0