PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21 PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDF-INDONESIAReferences
Abbas, N. (2002). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Di SMU. Hasil Penelitian: Tidak Dipublikasikan. Gorontalo : IKIP Negeri Gorontalo
Abbas, N., Ismail, S., & Pautna, T. (2008). Penerapan Model-model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Guru Mengelola Pembelarajan dan kompetensi Siswa Kelas X SMA. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Abbas, & Zakaria. (2014). Pengembangan Dan Impelementasi Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga Serta Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Matematika Siswa Smp Di Provinsi Gorontalo. November, 1–153.
Astuti, M. H. P., Margunayasa, G. I., & Suarjana, M. I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 269-277
Azka, R., & Rusgianto, H. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Untuk mencapai Ketuntasan dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78-91
Devita, Yulianti, & Sutiarso. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas Xi Ipa Sma Di Bandar Lampung Oleh. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 1–18.
Hafid, A. (2015) Pembelajaran Inovatif (menggali karakter/potensi siswa). https://www.kompasiana.com/afdhilhafid/54f94d4ba33311f1068b4c3b/pembelajaran-inovatif-menggali-karakterpotensi-siswa
Herawati, A., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Discovery Learning dengan Construct 2 dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 396. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16157
Hulukati, E., Magelo, C., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Katili, N., Ibrahim, R. Y., & Arsyad, A. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667
Kemendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Miyarso, E. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Modul 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nuraini, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020) Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799. http://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957
Nuraziza, R., & Suwarma, I. R. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving Yang Dimiliki Siswa Smp Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 55. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941
P21 (Partnership for 21st Century Skills). (2011). Framework for 21st century learning. www.p21.org/our-work/p21-framework
Priyanti, R. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed. https://digilib.unimed.ac.id/38906/3/ATP%2058.pdf
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta, CV.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Intructional Development for Training theachers of Exceptional Children. A Source Book. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington.
Takaendengan, Anwar, Nirwana, & James. (2013). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(level 3), 12–26.
Wahyono, B. (2016). Pengertian pembelajaran inovatif dan tipe-tipenya. Pendidkan Ekonomi.
Wahyuni, S., & Ibrahim, A. S. (2012). Perencanaan pembelajaran bahasa berkarakter. Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v12i1.3154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0