ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN TIPE KEPRIBADIAN

Lailatus Syarifah, Arief Agoestanto

Abstract


Abstract

Problem-solving ability is one of the competencies expected to emerge in students after learning mathematics. Problem-solving ability is influenced by several factors, such as personality type and Adversity Quotient (AQ). This study aims to describe the problem-solving ability of eighth-grade students at SMP Alam Nurul Furqon Rembang concerning Adversity Quotient and personality type in the topic of tangent lines to circles. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The research subjects were seven eighth-grade students from SMP Alam Nurul Furqon Rembang, selected using a purposive sampling technique. Data collection techniques in this study included problem-solving tests, the Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) questionnaire, Adversity Response Profile (ARP), and interviews. Data analysis in this study involved data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study showed that the guardian personality type exhibited the best problem-solving ability as they passed most indicators of problem-solving stages. In terms of Adversity Quotient, climbers demonstrated longer endurance in facing problems compared to campers, while no students with a quitter AQ were found in this study.

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang diharapkan muncul pada siswa setelah mempelajari matematika. Kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tipe kepribadian dan Adversity Quotient (AQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Alam Nurul Furqon Rembang jika ditinjau dari Adversity Quotient dan tipe kepribadian pada bahasan garis singgung lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian diambil 7 siswa kelas VIII SMP Alam Nurul Furqon Rembang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket Myer-Briggs Type Indicator (MBTI), Adversity Response Profile (ARP), dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian guardian merupakan tipe yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang paling baik, karena paling banyak melewati indikator tahap pemecahan masalah. Jika dilihat dari Adversity Quotient, climber yang memiliki daya tahan lebih lama dalam menghadapi masalah. Sedangkan daya tahan tipe camper cenderung kurang dibandingkan climber. Pada penelitian ini tidak ada siswa dengan AQ quitter.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah; adversity quotient; tipe kepribadian

Full Text:

PDF-INDONESIA

References


Afri, L. D. (2018). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).

Aisyah, A. S., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). DESCRIPTION OF THE DIFFICULTY OF STUDENTS’ MATHEMATICS PROBLEM SOLVING ASSESSED FROM ADVERSITY QUOTIENT (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1161. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3663

Arfiana, A., & Wijaya, A. (2018). Problem solving skill of students of senior high schools and Islamic high schools in Tegal Regency in solving the problem of PISA based on Polya’s stage. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 211–222. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15783

Baharullah, B., Wahyuddin, W., Usman, M. R., & Syam, N. (2022). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1039. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4766

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Husain, D. S., Darhim, D., & Kusnandi, K. (2022). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3684. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5903

Karimah, R. K. N., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018). Analysis of difficulties in mathematics learning on students with guardian personality type in problem-solving HOTS geometry test. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012076

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831

Khasanah, N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa quitters ditinjau dari kemampuan metakognitif. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34509

Nadila, D., Mandailina, V., Mehmood, S., Kunci, K., & Pemecahan Masalah, K. (2023). Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 12(2), 2086–4280. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Pamungkas, D. Y., & Siswanto, R. D. (2021). Identifikasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2324–2343.

Purwasih, R., Hendriana, H., Trawan, E., Prasetio, Y., & Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi, P. (2018). Analysis of Student Problem Solving Skill and Activity Concentration on a Senior High School. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 9, Issue 1).

Putra, F. K., Hobri, H., & Setiawani, S. (2020). PROFIL SELF EFFICACY SISWA CLIMBER TERHADAP PERMASALAHAN MATEMATIKA LEVEL TINGGI BERDASARKAN TAHAPAN POLYA. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.59-72

Rabbani, A., Baidowi, B., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) Siswa Kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1525–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.815

Romadhoni, L. A., & Setyaningsih, R. (2022). PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE DITINJAU DARI GENDER. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2015. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5438

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan menjadi Peluang Alih Bahasa T. Hermaya. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sulastri, M., Hayati, L., Hikmah, N., & Azmi, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Desember 2021 Journal of Mathematics Education and Application, 1, 648. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v12i1.3891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0