Kajian Aktivitas Bakteri Pelarut Fosfat Pada Perbedaan Penggunaan Lahan

Raudha Anggraini Tarigan

Abstract


Keberadaan bakteri memainkan peran penting dalam indicator kesuburan tanah. Keberadaan bakteri tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa diantaranya aadalah penggunaan lahan. Tujuan dari peneilitian ini adalah untuk mengetahui jumlah bakteri dari setiap penggunaan lahan. Sampel diperoleh dari UB Forest yang dikompositkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah bakteri pelarut fosfat tertinggi terdapat pada lahan agroforestry dengan vegetasi kopi dan pinus.

Kata kunci: Bakteri, Pelarut Fosfat


Full Text:

PDF

References


Kusumawati, I.A., Cahyo, P. 2019. Dampak perubahan penggunaan lahan di UB forest terhadap karbon biomassa mikroba dan total populasi bakteri. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan. Vol. 6 No.1 : 1165 – 1172.

Mayrowani, H. dan Ashari. 2011. Pengembangan Agroforestry Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Dan Pemberdayaan Petani Sekitar Hutan.

Prayudyaningsih, R. Nursyamsi, dan Ramdana, S. 2015. Mikroorganisme tanah bermanfaat pada rhizosfer tanaman umbi di bawah tegakan hutan rakyat Sulawesi Selatan. 1(4): 954-959

Rivera, V.R., yendi, E.N., Luc, D. dan Marco L.G. 2022. Land-use change alters the bacterial community structure, but not forest management. Folia Microbiological.

Sun, Y., Chunling, L., Longfei, J., Mengke, S., Dayi, Z., Jun, L., Nicholas, J.PO., Gan, Z. 2020. Land-use changes alter soil bacterial composition and diversity in tropical forest soil in China. Science of The Total Environment.

Wicaksono, T., Saeri, S., Ishaman, U. 2015. Kajian Aktivitas Mikroorganisme Tanah Pada Beberapa Cara Penggunaan Lahan Di Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Media Neliti

Widiawati, S., dan Sulasih (2005). Pelarut Fosfat (BPF) di Cikaniki, Gunung Botol, dan Ciptarasa, serta Kemampuannya Melarutkan P Terikat di Media Pikovskaya Padat. Volume 7(2): 109-113

Widiyanto, A. 2013. Agroforestry dan Perannya dalam Mempertahankan Fungsi Hidrologi dan Konservasi. https://www.researchgate.net/publication/300142098_Agroforestry_dan_Peranannya_dalam_Mempertahankan_Fungsi_Hidrologi_dan_Konservasi . Diaksaes pada tanggal 08 April 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/biofarm.v19i1.3026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.