Kajian Dosis Pupuk NPK dan Pupuk Kandang Sapi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang (Vigna sinensis L)

Faisatul Iksan

Abstract


Penelitian yang berjudul Kajian Dosis Pupuk NPK Dan Pupuk Kandang Sapi  Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.), dilaksanakan di Kebun Benih Hortikultura Tohudan yang terletak di Jl. Senden, Merten, Tohudan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dari bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Maret 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian Pupuk NPK dan Kandang Sapi, serta mengetahui dosis terbaik pada pertumbuhan dan hasil Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Rancangan percobaan yang digunakan adalah  Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali dan terdapat 16 kombinasi perlakuan. Faktor pertama adalah pemberian dosis pupuk NPK (N), terdiri dari 4 taraf yaitu:N0 (Kontrol), N1(2 g/tanaman), N2 (4 g/tanaman), N3 ( 6 g/tanaman) , Pupuk Kandang Sapi (K) sebagai faktor kedua terdiri dari 4 taraf yaitu: K0 (kontrol), K1 (300 g/tanaman) dan K2 (600 g/tanaman), K3 (900 g/tanaman). Data pengamatan di analisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji BNJ dengan taraf 5 %. Parameter yang diamati meliputi; tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah bunga, jumlah buah, panjang buah,  buah,  berat buah dan berat biji kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pupuk kandang sapi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil kacang panjang, sedangkan pupuk NPK berpengaruh pada semua parameter. Dosis terbaik yaitu NPK 4 g/tanaman (N2) yang berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah bunga, jumlah buah, panjang buah, berat buah , dan berat biji kering. Tidak terjadi interaksi antara pupuk NPK dan pupuk Kandang Sapi pada semua parameter pertumbuhan dan hasil pada kacang panjang (Vigna sinensis L.).

 

Kata kunci : Kacang panjang, pupuk kandang sapi, pupuk NPK


Full Text:

PDF

References


Angkur, E., I. B. K. Mahardika dan I. K. A. Sudewa. 2021. Pengaruh Pupuk Kandang Sapi, NPK Mutiara Terhadap Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Gema Agro. Vo. 26, No. 01, 2021.

Anonim, 2012, Budidaya Kacang Panjang, BP3K Lubuk Pinang 2012.

Hertos, M. 2015. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Kotoran Ayam Dan Pupuk NPK Mutiara Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L.) Pada Tanah Berpasir. Anterior Jurnal. Vol. 14, No. 2, 2015.

Pasta, I., A. Ette dan H. N. Barus. 2015. Tanggap Pertubuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays L. Saccharata) Pada Aplikasi Berbagai Pupuk Organik. Jurnal Agrotekbis. Vol. 3, No. 2, April, 2015.

Sutejo, M. M. 1992. Pupuk Dan Cara Pemupukan. Rineka Ciptaan. Jakarta.

Susilo, M. dan Sumarji. 2018. Pengaruh Macam Pupuk Kandang Dan Dosis Pupuk NPK Mutiara Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Varietas Aura Hijau. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia. Vol. 3, No. 1, Februari, 2018.

Zaevie, B., M. Napitupulu Dan P. Astuti. 2014. Respon Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Terhadap Pemberian Pupuk NPK Pelangi Dan Pupuk Organik Cair Nasa. Jurnal Agrifor. Vol. XIII, No. 1, Maret, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/biofarm.v19i2.3394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.