Hubungan Angka Kerapatan Panen dan Sistem Rotasi Panen Dengan Produktifitas Kelapa Sawit di PT. Agro Sinergi Nusantara Kebun Batee Puteh

Tamara Maulinadia, Muhammad Afrillah, Chairudin Chairudin

Abstract


Rotasi panen, angka kerapatan panen, manajemen tenaga panen, dan produktifitas panen merupakan aspek penting dalam kegiatan panen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Angka Kerapatan Panen Dan Sistem Rotasi Panen Dengan Produk Tifitas Kelapa Sawit Di PT.Agro Sinergi Nusantara. Penelitian ini dilaksanakan di PT.Agro Sinergi Nusantara Kebun Batee puteh pada bulan April 2022. Adapun pengamatan yang dilakukan ialah Rotasi panen, angka kerapatan panen, manajemen tenaga panen, dan produktivitas panen yang merupakan aspek penting dalam kegiatan pemanenan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, nilai AKP estimasi dengan realisasi tidak berbeda nyata. Nilai AKP diperoleh hasil yang baik dengan selisih 8%.dari hasil pengamatan di peroleh rotasi panen sudah sangat tinggi dengan jumlah rotasi panen 5/7.

Kata kunci : Kelapa Sawit, Angka Kerapatan Panen, Rotasi Panen,manajemen pemanenan


Full Text:

PDF

References


Akbar, A. 2018. Manajemen panen di perkebunan kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Pantai Bunai Estate, PT. Sajang Heulang Minamas Plantation, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Fauzi, Y., Y.E. Widyastuti, I. Setyawibawa, R. Hartono. 2017. Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Lubis, Widanarko, 2018. Buku Pintar Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Pahan, I. 2019. Panduan Lengkap Kelapa Sawit (Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir). Penebar Swadaya. Jakarta.

Pardamean, M. 2017. Sukses Membuka Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Situmorang. 2017. Manajemen panen kelapa sawit (Elaeis guineensis jacq.) di Hatantiring Estate PT. Teguh Sempurna Kalimantan Tengah. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Winarno, F.G. 2018. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sarimanah. 2018. Manajemen Panen di Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.)Mustika Estate, PT Sajang Heulang, Minamas, Kalimantan Selatan. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/biofarm.v19i2.3451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.