ANALISIS DIGITALISASI PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI PEKALONGAN
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aji, D.P. (2014). “Penggunaan Media Sosial dalam Pemenangan Joko Widodo- Basuki Tjahaha Purnama pada Pilkada DKI Jakarta 2012 (Studi Atas Marketing Politik di Facebook dan Twitter)”. Diakses tanggal 20 Agustus 2019. Pada http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24214.
Arief, Giri Maulana dan Heppy Millianyani. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.
Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia. (2018). “Data Statistik Pengguna Internet Indonesia 2018”.
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Karya: Bandung.
Ekasari, Novia. (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finace Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora Vol. 16, No.2, 81-102
Fansuri, M. Fikri. (2016). Pengaruh Viral Marketing melalui Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Dato Majane. Skripsi: Universitas Hasanuddin.
Fajar, M.N. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Daya Saing KUMKM. Materi Workshop Microsoft Tech Days. Jakarta.
Gunawan, D. D., dan Huarng, K. (2015). Viral effects of social network and media on consumers’ purchase intention. Journal of Business Research, 68(11), 2237-2241.
Jauhari, J. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan e- Commerce. Jurnal Sistem Informasi. 2(1), 159-168.
Lexy J Moleong, (2005), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kent, Michael L.(2013). Using Social Media Dialogically: Public Relations Role in Reviving Democracy. Public Relations Review 39 (4): 337–45. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2013.07.024.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran (Ed. 11, Jilid 1). Jakarta: PT. Indeks.
Kotler and Keller. (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice hall
Maoyan et al. (2014). “Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing”. International Journal of Business and Social Science. Vol. 5 No.10 (1), p. 92-97.
Neti, S. (2011). Social Media and It’s Role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, Vol. I Issue 2.
Radio kota Batik Pekalongan, (2020). “Dindakop dan UKM catat jumlah UMKM di kota Pekalongan capai 22 ribu”. https://rkb.pekalongankota.go.id/berita12491-1-dindagkop-dan-ukm-catat-jumlah-umkm-di-kota-pekalongan-capai-22-ribu.html#:~:text=Pemkot%20melalui%20Dinas%20Perdagangan%20Koperasi,mencapai%2022%20ribu%20983%20pelaku.
Ristania, Novia dan Jerry S. Justianto. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Online Shop” S- Nexian Melalui Facebook. Jurnal of Business Strategy and Execution, 2, 131-161.
Rosli, M.M. (2012), Competitive Strategy of Malaysian Small and Medium Enterprises: An Exploratory Investigation. American International Journal of Contemporary Research. 2(1). 93-105.
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity. 2(1). 80-86.
Situmorang, S.H., (2016). Digital Business. Medan: USUPers.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cet. 13, Jakarta: Rineka Cipta,.
Surniandari, Artika. (2017). Viral Marketing sebagai Alternatif Strategi Pemasaran Produk Sariz. Widya Cipta. Jurnal Sekretari dan Manajemen. Vol IX No.1.
Suryadi, I.G.I. 2014. Penggunaan Sosial Media Dalam Aktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Badung. SOSHUM Jurnal Sosial dan Humaniora. 4(3). 217-227.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.
We are Social. (2018). Digital in 2018: Global Overview. Di https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2017-global-overview (akses 15 Desember 2019).
Zhu, Y. Q., & Chen, H. G. (2015). Social media and human need satisfaction: Implications for social media marketing. Business Horizons, 58, 335–345.
DOI: http://dx.doi.org/10.31941/jebi.v24i1.1390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Indexed by:
ISSN ONLINE : 2301-6469
ISSN PRINT : 1693-0908
Alamat Redaksi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
Jl. Sriwijaya No.3 Telp. (0285) 421096, Fax.411429 Pekalongan
Email : redaksijebi.unikal@gmail.com
Jurnal Ekonomi dan Bisnis by Fakultas Ekonomi dan Bisnis is licensed under CC BY-NC-SA 4.0