KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DONGENG DENGAN TEKNIK BOLA PANAS

Dina Nurmalisa

Abstract


Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat potensial bagi pengembangan penalaran yang sistematis serta logis. Kemampuan menulis tidak serta merta dapat dikuasai oleh siswa tanpa adanya latihan-latihan. Salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis siswa adalah dengan menuliskan kembali bacaan yang telah dibaca. Kemampuan menuliskan kembali isi bacaan merupakan suatu kegiatan untuk menuliskan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam bacaan. Salah satu jenis bacaan yang sesuai untuk kegiatan ini adalah dongeng. Dongeng merupakan bacaan yang sifatnya menghibur. Dengan menuliskan kembali dongeng yang dibaca maka dapat diketahui ide, pemikiran, dan kemampuan siswa untuk mengingat atau mengapresiasi karya sastra. Salah satu teknik yang dapat dipakai untuk mengetahuinya adalah dengan teknik bola panas.

Kata kunci : menulis, dongeng, teknik bola panas, siswa.

 

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.31941/jurnalpena.v19i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Journal Indexed by:

   

 

Universitas Pekalongan

Jl. Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan 
Jawa Tengah. Indonesia,  51111
Telp. (0285) 421 096, 421464, 426800

 

PENA JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI by LPPM UNIVERSITAS PEKALONGAN is licensed under CC BY-SA 4.0