EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs NEGERI KESESI

Winda Arigustanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dengan penggunaan model Learning Cycle pada materi kubus dan balok. Hal ini ditandai: (1) prestasi belajar model Learning Cycle mencapai ketuntasan, (2) prestasi dengan model Learning Cycle lebih baik daripada prestasi dengan model pembelajaran langsung, 3) adanya pengaruh aktivitas belajar model Learning Cycle menggunakan alat peraga terhadap prestasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kesesi. Dengan Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode pengamatan dan tes. Data diolah dengan analisis uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan regresi linear.

Hasil penelitian menunjukkan nilai z hitung = 1.847dan z tabel = 1.64, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar mencapai ketuntasan, (2) prestasi siswa dengan model Learning Cycle lebih baik daripada prestasi belajar dengan model pembelajaran langsung,dan (3) ada pengaruh aktivitas belajar model Learning Cycle menggunakan alat peraga terhadap prestasi. Saran penulis hendaknya guru dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga prestasi siswa lebih baik.


Keywords


Efektivitas, Pembelajaran Learning Cycle, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Macromedia Flash Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Zat Adiktif dan psikotropika Kelas VIII SMPN 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2, 21 - 22.

Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Yuma Pustaka

Budiasih, E., & Widarti, H.R. 2004. “Penerapan Pendekatan Daur Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Kimia Analisis Instrumen”. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran. 10 (1), 70 - 78.

Fajaroh, F., & Dasna, I.W. 2008. “Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Kimia”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. II (2), 112 - 122.

Nuharini N, Wahyuni T. 2008. Matematika Konsep Aplikasinya untuk SMP/Mts Kelas VIII. Depok: CV Arya Duta

Salafudin. 2010. Statistika Terapan untuk Penelitian Sosial. Pekalongan: STAIN PRESS. Slavin E R. 2011. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Syah, Muhibin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i2.428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994