PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 ULUJAMI
Abstract
Di dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Ulujami, ditemukan permasalahan-permasalahan antara lain : hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah, aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang aktif. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulujami dengan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal mencapai nilai KKM, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model ekspositori pada kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami, (3) pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dengan simple random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran ekspositori. Variabel penelitiannya adalah kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa. Untuk memperoleh data digunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Data diolah dengan menggunakan uji banding satu sampel, uji regresi linier sederhana dan uji banding dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata kelas eksperimen 79,1923 secara statistik memenuhi ketuntasan 75% (2) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,1923 secara statistik lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol 71,8205 (3) terdapat pengaruh positif antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan aktivitas siswa dengan persamaan Y = 48,65 + 0,45 X sebesar 70,56%. Berdasarkan ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsini. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Santa, Pande Km. Mika Adi., Suarjana,Md., & Sudhata, I Gde Wawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 2 Gianyar” Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, Didi., Herman, Tatang., Suhendra, Prabawanto, Sufyani., Nurjanah., & Rohayati, Ade. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta:Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i2.429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0