PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KELAS VII

Rizqi Mubarokah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif take and give efektif pada materi segiempat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 16 Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini melibatkan 100 siswa kelas VII sebagai subyek penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling terpilih dua kelas yaitu VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman konsep diperoleh melalui tes. Instrumen tes divalidasi terlebih dahulu oleh pakar sebelum diberikan pada sampel penelitian. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan dan uji beda rata-rata.

Hasil penelitian menunjukan (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat siswa dengan model pembelajaran kooperatif take and give mencapai KKM yaitu sebesar 77,94; (2) berdasarkan uji beda rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat dengan uji t menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat siswa yang diterapkan model pembelajaran take and give lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat siswa yang diterapkan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka model pembelajaran kooperatif take and give efektif pada materi segiempat.


Keywords


Efektivitas, Take and Give, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2009. Konsep Jitu Matematika SMP untuk Kelas 1, 2, dan 3. Jakarta: Wahyu Media

Dewi, M. P., Asri, S., dan Wiyasa, N. 2014. “Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar PKn SD”. Jurnal Mimbar PGSD. Vol. 2, No. 1 (diakses 23 Februari 2014)

Khotimah, Husnul. November 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Geometri dengan Teori Van Hiele. Makalah. Disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, di Universitas Negeri Yogyakarta

Pariawan, E., Putra, S., & Abadi, S. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbasis Resolusi Konflik terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 26 Pemecutan”. Jurnal Ilmu Pendidikan. No.1, (diakses 23 Februari 2014)

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta

Yuanita, Eva. 2011. Model Pembelajaran Take and Give. Diambil pada 23 Februari dari http://www.rumahdesakoe.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-take-and-give.htm




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i2.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0