PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM WONOPRINGGO

Novia Khusna

Abstract


Sebagian guru dalam menjelaskan kepada peserta didik materi segitiga terutama terkait mengidentifikasi segitiga berdasarkan sudut dan menghitung luas segitiga masih ada kendala. Penyampaian materi di kelas cenderung kurang menyenangkan dan masih berpusat pada pendidik sehingga peserta didik kurang menyukai dan sulit memahami konsep matematika. Pada penelitian ini, akan merapkan pendekatan active learning melalui strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pendekatan active learning melalui strategi inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP Islam Wonopringgo dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), (2) apakah pendekatan active learning melalui strategi inkuiri lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep matematika materi segitiga kelas VII SMP Islam Wonopringgo.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Islam Wonopringgo. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Variabel penelitiannya adalah pendekatan active learning melalui strategi pembelajaran inkuiri, pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata kelas eksperimen 81,34 secara statistik memenuhi ketuntasan 70, (2) rata-rata kelas eksperimen mencapai 81,34 secara statistik lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol yang hanya mencapai 61,17. Berdasarkan kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan active learning melalui strategi pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep mencapai kriteria efektif.


Keywords


Pendekatan Active Learning, Strategi Inkuiri, Kemampuan Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur penelitian (suatu pendekatan praktek). Jakarta:Rineka Cipta

Salafudin. 2010. Statistika Terapan untuk Peneltian Sosial. Pekalongan: STAINPRESS.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Wagiran. 2005. Pentingnya Reorientasi Pembelajaran dalam Penerapan KBK. Cakrawala Pendidikan.

Warsono, M.S (2012). Pembelajaran Aktif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gulo (2005). Strategi belajar dan Mengajar, Jakarta: Gramedia

widiasarana indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i2.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0