PENGARUH KECEMASAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 2 WIRADESA

Muhammad Ade Luthfi Septialamsyah

Abstract


Permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran matematika di sekolah sangat banyak, diantaranya kecemasan belajar yang masih tinggi, keaktifan belajar yang masih rendah, dan kemampuan pemahaman konsep yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep secara parsial dan simultan melalui model pembelajaran resource based learning pada materi prisma dan limas kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa tahun pelajaran 2013 – 2014. Data diperoleh melalui metode pengamatan, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh (1) pengaruh kecemasan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 2.89%, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 18.15%, dan (3) pengaruh kecemasan dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 31.7%. Berdasarkan ketiga hasil penelitian tersebut terdapat pengaruh positif atau signifikan antara kecemasan dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep melalui model pembelajaran resource based learning materi prisma dan limas kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa.


Keywords


kecemasan, keaktifan, pemahaman konsep, resource based learning

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan

Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Nasution S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhasanah, Farida. 2012. “Membangun Keaktifan Mahasiswa pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme dalam Kegiatan Lesson Study”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1, 62 – 78.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i2.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0