PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP 2 SRAGI

Leni Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pretasi belajar peserta didik dengan metode pembelajaran mind mapping (peta pikiran) berbantu alat peraga pada materi pokok segiempat dapat mencapai ketuntasan belajar matematika dan untuk mengetahui rata-rata prestasi belajar peserta didik dengan metode pembelajaran mind mapping (peta pikiran) berbantu alat peraga pada materi pokok segiempat lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP 2 Sragi, sedangkan Sampelnya adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Analisis data awal penelitian ini meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis akhir meliputi normalitas, homogenitas, uji efektivitas, terdiri dari uji ketuntasan dan uji beda rata-rata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 79.875 dan kelas kontrol sebesar 74.53. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil uji beda rata-rata diperoleh t hitung = 2,488 > 1,9971 = t tabel , berarti rata-rata prestasi belajar dengan metode pembelajaran mind mapping (peta pikiran) berbantu alat peraga lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar dengan metode pembelajaran ekspositori.


Keywords


Penerapan, Metode Pembelajaran mind mapping (peta pikiran) alat peraga, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Budiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian (Edisi Ke-2). Surakarta:UNS Press.

Hamalik.2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung:Pustaka Setia.

Huda, Miftahul.2013. Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pratidina Inung,Suprijono,Hendikawati Putriaji. 2012. “Kefektifan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan PMRI terhadap hasil belajar”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2, 1-11

Krisna, E.D., Sudiarta, I.G., & Suweken, G. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pertanyaan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matemaika siswa Ditinjau dari Motivasi Berprestasi”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1-11.

Madewena. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

_____ . 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &

D. Bandung: Alfabeta.

________ . 2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2011.Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-FMIPA.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v3i1.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994