EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN ALAT PERAGA LUAS LINGKARAN MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN KELAS VIII

Jimmy Nur Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga efektif pada materi luas dan keliling lingkaran. Penelitian ini dilakukan di SMP N 08 Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini melibatkan 100 orang siswa kelas VIII sebagai subyek penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas yaitu VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII F sebagai kelas eksperimen. Data kemampuan prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes prestasi belajar, sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket. Kedua instrumen telah divalidasi sebelum diberikan pada sampel penelitian. Untuk analisis data diolah dengan menggunakan uji ketuntasan, uji perbedaan rata-rata, dan uji
pengaruh regresi sederhana Hasil penelitian menunjukan (1) berdasarkan uji ketuntasan rata-rata prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments 73,2 secara statistik memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu sehingga dapat dikatakan mencapai ketuntasan belajar; (2) berdasarkan uji perbedaan rata-rata prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=3,17188 dan ttabel = 2,00 dengan demikian thitung > ttabel yang bermakna bahwa rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe teams games tournaments berbantuan alat peraga lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran langsung; (3) berdasarkan uji pengaruh regresi sederhana terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa dengan persamaan Ŷ = 58,26 + 0,20x adanya pengaruh sebesar 77,85%. Berdasarkan ketiga hasil penelitian tersebut maka model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments berbantuan alat peraga efektif pada materi luas dan keliling lingkaran.


Keywords


Efektivitas, Teams Games Tournament, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K. dan Sofan A. 2012. PAIKEM GEMROT; Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan

Berbobot (Sebuah Analisis Teoritis, Konseptual, dan Praktik). Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadila A, dkk. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Teams Games Tournament Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Dan Aspek Afektif Matematika Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk”. Jurnal elektronik pembelajaran matematika, Volume 2, Hal 10-13

Michael. 2011. “The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students”. Journal International, 3, 189-193

Slavin E R. 2011. Cooperatif Learnig Teori, Riset dan Praktik. Bandung:

Nusa Media

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kasinus.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v3i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994