Mengenal Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika

Anggita Maharani

Abstract


Artikel ini membahas mengenai apa itu emosi, emotional Quotion, dan bagaimana pentingnya dalam proses pembelajaran matmatika. Kegiatan pembelajaran di sekolah biasanya hanya menekankan pada transformasi informasi faktual dan pengembangan penalaran yaitu pemikiran logis menuju pencapaian satu jawaban benar atau salah padahal seorang siswa terkadang menghadapi masalah yang berkaitan dengan aktivitas atau tugas-tugas belajarnya. Berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang dilatih emosinya sungguh-sungguh mampu mengontrol emosinya di kemudian hari. Untuk belajar matematika diperlukan pikiran yang tenang, santai tapi serius, dan bersemangat. Oleh karenanya siswa harus bisa memange emosinya sehingga dalam keadaan stabil sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Keywords


emosi, kecerdasan emosional, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Nggermanto, 2002. Quantum Quetion. Bandung: Nuansa.

Riyanto, 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Uno, B. 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i1.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994