PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 3 WONOSOBO

Arie Purwa Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Model yang dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning, model pembelajaran Drill dan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I, VIII A sebagai kelas eksperimen II dan VIII C sebagai kelas kontrol . Tekhnik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan menggunakan uji analisis variani satu jalan sel tak sama. Setelah ketiga uji tersebut terpenuhi, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analisis variani satu jalan sel tak sama. Hasil dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dibanding Discovery Learning (DL), model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning memberikan hasil belajar yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional.


Keywords


PBL; Discovery Learning; Konvensional; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Budiyono, 2013. Statistika Dasar Untuk Penelitian. UNS Press.

I, R., 2008. Learning To Teach. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kemendikbud, 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Kemendikbud, Jakarta.

Misdalina, Z., Purwoko, 2009. Pengembangan materi integral untuk sekolah menengah atas (sma) menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1), 61–74.

Raimi, S. d. F. A., 2012. Problem based learning strategy and quantitative ability in college of education students learning of integrated science. Iiorin Joernal of Education 1 (11).

Ratumanan, T., 2004. Belajar dan Pembelajaran edisi Kedua. University Press, Unesa.

Sugiyono, 2010. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v5i2.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0