PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan-permasalahan yang terdapat pada proses pembelajaran matematika di sekolah, yaitu di antaranya kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara penyelesaian baru, yang mana hal ini membutuhkan adanya kreativitas dan penggunaan gaya belajar dalam menyerap suatu pembelajaran. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah siswa kelas 12 MA Swasta Plus Darul Huda Cikoneng, sementara itu sampel yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah siswa kelas 12 IPA 1. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dan teknik dokumentasi hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji korelasi analisis regresi ganda, untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi analisis regresi ganda menunjukan bahwa kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307
Budiarti, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 142–147. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.42
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning (Revisi). Bandung: Kaifa.
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128
Istiqomah, M. N. (2017). Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Mardisiswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Bantumas. Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36. Retrieved from http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232
Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 188–195. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154
Marwanto, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Komputer Pada Siswa Kelas Ixb Smp Negeri 26 Semarang. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 107. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.970
Nawi, M. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) AL ULUM Medan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 81–96.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Student Student Know and Can Do. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pourhosein Gilakjani, A. (2011). Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, 2(1), 104. https://doi.org/10.5296/jse.v2i1.1007
Sagitasari, D. A. (2010). Hubungan Antara Kreativitas dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta, (September), 174.
Salsabila, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Handout terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep ditinjau dari Gaya Belajar di SMK N 3 Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 37. https://doi.org/10.31941/delta.v7i1.922
Sutama, S., & Anggitasari, B. (2019). Gaya dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMK. Manajemen Pendidikan, 13(2), 52–61.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i2.1003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0