EKPSLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUAH NANAS MADU DI DESA BELUK KACAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

Detalia Noriza Munahefi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur budaya pada nanas madu yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika. Nanas madu sebagai salah satu tanaman khas Pemalang,  tumbuh subur di Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi menyelidiki suatu kebudayaan di lingkungan dalam pengumpulan data utama, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini terdiri atas: reduksi data, penyajian data, analisis deskriptif, dan penarikan simpulan. Pemanfaatan nanas madu pada pembelajaran matematika mulai dari proses penanaman sampai dengan proses pengelolahan nanas madu. Pengaplikasian olahan nanas madu pada pembelajaran matematika mulai dari proses penyiapan bahan, pengolahan bahan hingga penyajian olahan nanas madu. Materi matematika yang dapat diaplikasikan melalui nanas madu antara lain: operasi hitung, perbandingan senilai, pengukuran, bangun ruang, dan peluang. Penerapan madu nanas melalui pendekatan etnomatematika diharaphkan mempermudah pemahaman siswa pada pembelajaran matematika karena pendekatan tersebut mampu menyajikan permasalahan matematika secara konkrit.


Keywords


Etnomatematika; Nanas Madu; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning. Conducting, and Evaluating.

Fadlilah, U., Trapsilasiswi, D., & Oktavianingtyas, E. (2017). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi pada Masyarakat Jawa di Desa Setail. KadikmA, 6(3), 45-56.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119).

Hariastuti, R. M. (2017). Permainan tebak-tebak buah manggis: Sebuah inovasi pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25-35.

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 217-232.

Ikrimah, I., Rahmi, M., & Darmawan, R. N. (2017). Studi Etnomatematika di Kalangan Petani Desa Kelir Kecamatan Kalipuro. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1).

Laurens, Th. (2010) Analisis Karakteristik PMRI dalam Pembelajaran Pengukuran. Buletin Pendidikan matematika, 10(1)

Misel, E. S. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metoda Didaktik , 10 (2), 27-36

Mulyo, R. N., Sunardi, S., Monalisa, L. A., Setiawan, T. B., & Murtikusuma, R. P. (2018). Etnomatematika Pada Aktivitas Petani Jeruk di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. KadikmA, 9(2), 175-184.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201-210.

Pusvita, Y., Herawati, H., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “Bay Tat” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 185-193.

Rahmani, P. A. E., Susanto, S., Monalisa, L. A., Hobri, H., & Murtikusuma, R. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Ritual Seblang Olehsari Terhadap Konsep Geometri. KadikmA, 9(2), 108-117.

Setiawan, T. B., Yudianto, E., Sugiarti, T., Ambarwati, R., & Agustin, M. A. (2019). Ethnomathematics activities of coffee farmers in Sidomulyo jember area as project student sheet. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022124). IOP Publishing.

Sirate, F. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan, 15(1), 41-54.

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i2.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994