EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI DAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 3 KAJEN
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi, STAD merupakan model pembelajaran yang memfasilitasi siswa dengan cara diskusi. Hal ini merupakan trobosan yang mampu mengatasi permasalahan pembelajaran. Permasalahan dalam pembelajaran matematika antara lain rendahnya hasil belajar matematika serta inovasi pembelajaran yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi, tipe STAD dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP N 3 Kajen.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan model kooperatif tipe artikulasi dan STAD telah mencapai KKM, kemudian pada hasil uji ANOVA terdapat perbedaan
secara signifikan . Uji lanjut menggunakan uji pasca ANOVA diperoleh bahwa model kooperatif tipe artikulasi lebih baik dari tipe STAD dan model pembelajaran langsung. Kemudian dengan uji z diperoleh kesimpulan bahwa pada model kooperatif tipe artikulasi dan STAD mencapai ketuntasan belajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Huda, Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Malang: Pustaka Pelajar
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning :Teori, Riset, Praktik. Bandung : Nusa Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitati dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Nohi, Dianti. 2012. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA I Telaga Pada Materi Litosfer”. httpwww.jurnal.stkip-pgri sumbar.ac.idMHSMATindex.phpmat20121articleview2525.
Mustika, Aniek Christianti. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV
SD Saraswati Tabanan”. jurnal ilmu pendidikan,3, 1-8.
Wyk, Micheal M van. 2012. “The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education”. jurnal ilmu
pendidikan,2,1-10
DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v4i1.1020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index
Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0