Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP

Maharani Delta Dewi, Nur Izzati

Abstract


Kurangnya variasi media pembelajaran matematika menyebabkan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran berkurang. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya adalah media yang berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan PowerPoint interaktif berbasis RME. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian 4D. Teknik pengumpulan data melalui angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Tanjungpinang sebanyak 25 orang. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan teknik Method of Summated Ratings. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase dari dua validator ahli sebesar 87% dan dari angket respon peserta didik sebesar 76% berkategori praktis

Keywords


Pengembangan PowerPoint Interaktif, Realistic Mathematics Education, Aljabar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Z dan Purbawanto, S. (2015). Pemahman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio vidio di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal. ISSN 2252-6811.

Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Intraktif Powerpoint Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika. Lampung : Bandar Lampung.

Azwar, S. (2009). Dasar-Dasar Psikometri (VIII). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Depdikna. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Jakarta.

Indriyanti, Novi Yulia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis PPT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Studi Kasus : Siswa Kelas VB SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Semarang : Karanganyu.

Izzati, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lestari, KE, Yudhanegara,MR. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Rafika Aditama.

Marfuah, S., Zulkarnain dan Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunkan Powerpoint disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika- UMRAH. Vol 1(1), 41- 48.

Mustika,D., Rasiman dan Yanuar, HM. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika PPT Berbasis Macros Dengan Pendekatan RME Pada Materi Kubus Dan Balok. Jurnal Nasional Mantematika dan Pendidikan Matematika. 170-177.

Nursit, I. (2016). Pengembangan Multimedia Intraktif Berbasis Powerpoint (Macro-Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Media Pendidikan Matematika (J-MPM). Vol 4 (1), ISSN 2338-3836.

Sakina, W., Imam, S., & Lip, R. (2016). Vidio Pembelajaran Matematika Berbasis Microsoft Powerpoint 2016 berbantuan Blender 3D. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. P-ISSN : 2579-941X.

Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol 1(2) : 290-304.

Susanti dan Nurfitriyanti. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education(RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol 03(02), 115-122.

Thiagarajan, S. Sammel, D.S & Sammel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Indiana : Indiana University Bloomington.

Tohir, Muhammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibandingkan Tahun 2015. http://matematohir.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibandingkan-tahun-2015/ [03 Desember 2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994