PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT

Mutiara Siska, Jefri Marzal, Muhammad Haris Effendi

Abstract


Metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V SD dengan 1 siswa extrovert dan 1 siswa introvert. Pemilihan subjek berdasarkan teknik pengambilan cluster sampling dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa extrovert cukup dengan persentase 75% dan profil kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa introvert baik dengan persentase 81,25%. Profil kemampuan komunikasi matematis lisan siswa extrovert baik dengan persentase 81,25% dan profil kemampuan komunikasi matematis lisan siswa introvert kurang dengan persentase 56,25%. Profil kemampuan pemahaman matematis siswa extrovert baik dengan persentase 81,25% dan profil kemampuan pemahaman matematis siswa introvert sangat baik dengan persentase 87,50%.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, Anggraini., Leonard. 2015. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2 Hal 102-110 ISSN 2088-351X.

Ghufron, M. N., Risnawita, Rini. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Eka Rachma. 2016. Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Prima Vol. 5 No. 11 ISSN 2301-9891.

Marsigit. 2012. Kajian Penelitian (Review Jurnal Internasional) Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulthani. -. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler Kelas X SMA Panjura Malang Pada Materi Logika Matematika. Universitas Negeri Malang.

Tarmidzi, D. S. 2012. Hubungan Antara Tipe Kepribadian: Extrovert dan Introvert Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia Program S1 Reguler. Universitas Indonesia.

Ulya, Nur Maziyah. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa Vol. 10 No. 1.

Widayanti, Lilis. 2016. Deskripsi Level Kemampuan Siswa SMP Dengan Tipe Kepribadian Cenderung Introvert Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Edukasi Vol 2 No. 1 ISSN 2443-0455.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i2.1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994