ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA MAHASISWA CALON GURU MENGGUNAKAN TWO TIER TEST BERBASIS ONLINE

Sartika Arifin, Aprisal Aprisal

Abstract


Pemahaman konsep merupakan hal dasar mempelajari matematika. Prinsip yang ada pada matematika dapat diterapkan jika konsep matematika dapat dipahami dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep matematika khususnya statistika melalui penggunaan instrument soal two tier test berbasis online.. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris  semester IV dengan jumlah responden 75 mahasiswa. Hasil analisis data menggunakan two tier test diperoleh bahwa tingkat pemahaman mahasiswa pada indikator memahami sebesar 35%, miskonsepsi-1 sebesar 20,67%, miskonsepsi-2 sebesar 15%, dan tidak memahami sebesar 29,33%. Hasil lain menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa pada level comparing hanya sebesar 13,33% jauh lebih rendah dibandingkan dengan ketiga indikator lainnya yaitu interpreting, classifying, dan interferring.


Keywords


pemahaman konsep, two tier test

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderson, L., & Krathwohl, D. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aprisal, A., & Abadi, A. M. (2018). Improving students' mathematical reasoning and self-efficacy through missouri mathematics project and problem solving. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2) 2018, 191-208.

Arifin, S & Aprisal, A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89-98.

Bayrak, B. K. (2013). Using two-tier test to identify primary students’ conceptual understanding and alternative conceptions in acid base. Mevlana International Journal of Education (MIJE). 3 (2). 19 -26.

Cahyo, A. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar. Jakarta: PT. Diva Press.

Lin, Y. C., Yang, D. C., & Li, M. N. (2016). Diagnosing students’ misconceptions in number sense via a web two tier test. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(1), 41-55.

Khamidah & Warniasih, K. (2019). Efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gamping. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7 (1), 27-36.

Kanli, U. (2015). Using a two-tier test to analyse students’ and teachers’ alternative concepts in astronomy. Science Education International, 26(2), 148-165.

Nabilah, N., Andayani, Y., & Laksmiwati, D. (2013). Analisis tingkat pemahaman konsep siswa kelas xi ipa sman 3 mataram menggunakan one tier dan two tier test materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. J. PIJAR MIPA. VIII (2), 64-69.

Radfor, L. (2013). three key concepts of the theory of objectification: Knowledge, knowing, and learning. REDIMATH-Journal of Research in Mathematics Education, 2, 7-44.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: PT. Grasindo.

Suwarto. (2010). Pengembangan The Two-Tier Diagnostic Tests Pada Bidang Biologi Secara Terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 12, Nomor 1, 206 – 224.

Syarifah, L., L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM. 10 (2), 57-71.

Widiyatmoko, K dan Shimizu, K. (2018). The development of two-tier multiple choice test to assess students’ conceptual understanding about light and optical instruments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 491 - 501.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i2.1059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994