HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA

Imaludin Agus

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII dengan jumlah 56 siswa di Kecamatan Kontukowuna. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi deskripsi dengan sampel dipilih secara random sampling. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 4 soal dan non tes efikasi diri sebanyak 25 item. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri siswa SMP pada mata pelajaran matematika dengan nilai korelasi (0,62).


Keywords


berpikir kritis, efikasi diri, matematika

Full Text:

pdf (Indonesian)

References


Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2) 120-132. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517.

Aprisal & Arifin, S. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMP. DELTA-Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 31-40. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.945.

Bandura, A. (2009). Self-efficacy in changing societies. Cambridge: Cambridge University Pres.

Ennis, R. H. (2011). The Natural of Critical Thinking: An Outline of Critical Thingking Disposition and Abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT.

Feldman, D. (2010). Berpikir Kritis Starategi Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Indeks.

Gambrill, E. (2005). Critical Thinking in Clinical Practice in Clinical Practice of Judgments and Decisions (2th ed). New York: John Wiley & Sons.

Hadi, S & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 562-569.

Hoffman, L. L., Hutchinson, C. J. & Reiss, E. (2009). On improving school climate: Reducing reliance on rewards and punishment. International Journal of Whole Schooling, 5(1). Savannah: Armstrong Atlantic State University.

Lau, J. Y. F. (2011). An introduction to critical thinking and creativity: Think more, think better. John Wiley & Sons.

Liu, X., & Koirala, H. (2009). The effect of mathematics self-efficacy on mathematics achievement of high school students. NERA Conference Proceedings 2009, 30. https://opencommons.uconn.edu/nera_2009/30.

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (3), 361-370.

OECD. (2019). PISA 2018 Result. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah, (2016).

Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: Theory and practice. Pearson College Div.

Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2016). Hubungan antara efikasi-diri dan kemampuan berpikir kritis siswa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Malang.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003)




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994