PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Indrawati Indrawati, Nurmiati Nurmiati

Abstract


Tujuan utama diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan problem posing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII.3 sebanyak 26 siswa. Dalam uji analisis statistik data menggunakan uji perbedaan mean (uji t). Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran problem posing dengan hasil belajar siswa kelas VII. Hal ini ditunjukan oleh diterimanya hipotesis alternatif (H1) pada hasil uji banding berpasangan t-test (paired samples test) taraf signifikan 5%. Selain itu, nilai rata-rata klasikal hasil pretest dan hasil posttest mengalami kenaikan sebesar 13.69 dari sebelumnya 59.54  menjadi 73.23. Oleh karena itu maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Batukliang. Saran yang peneliti sampaikan yakni menerapkan model pembelajaran problem posing dalam setiap pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik problem posing, sebab selain dapat meningkatkan hasil belajar, siswa juga akan mendapatkan variasi pembelajaran yang berbeda sehingga dapat meningkatkan semangat dan mengurangi rasa jenuh siswa dalam belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abu-Elwan, R. (2007). The Use of Webquest to Enhance the Mathematical Problem-Posing Skill of Pre-Service Teacher, The International Journal for Technology in Mathematics Education, 14 (1), 31- 39.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bonotto, C. (2013). Artifacts as sources for problem-posing activities. Published online: Educational Studies in Mathematics, 8(3), 37–55.

Brown, S.I & Walter, W.I. (1993). Problem Posing: Reflection and Applications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Haji, S. (2011). Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Triadik, 14(1), 55-63.

Harpen, X.Y., & Sriraman, B. (2012). Creativity and mathematical problem posing: an analysis of high school students' mathematical problem posing in China and the USA. Published online: Educational Studies in Mathematics, 8(2), 201–221.

Herawati O.D.P. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (Sscs) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika (Suatu Kajian Eksperimen pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP)). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 1-13.

Kusdaryani, W & Trimo. (2009). Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.

Lin, P. (2004). Supporting Teachers on Designing Problem-Posing Tasks as a Tool of Assesment to Understand Student’s Mathematical Learning. Proceeding of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education Vol 3.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Saminanto. (2010). Model-model pembelajaran. Bandung : PT. Refika.

Silver, E & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education, 27 (5), 521-539.

Singer, F.M., Ellerton, N., Cai. J. (2013). Problem-posing research in mathematics education: new questions and directions. Published online: Educational Studies in Mathematics, 8(3), 1–7.

Siswono, T. Y.E. (2004). Problem Posing: Sebuah Alternatif Pembelajaran yang Demokratis. Universitas Negeri Surabaya.

Suharta, I G P. (2000). Pengembangan Strategi Problem Posing dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i2.1063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994