ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN MODEL PRAKSEOLOGI

Maeliyastuti Mafatihatur Rizqi, Dyana Wijayanti, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Himpunan merupakan contoh bentuk materi dasar dalam matematika. Mempelajari himpunan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan logika dan memacu berpikir secara logis. Namun, ditemukan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi himpunan. Maka perlu adanya penunjang dalam pembelajaran tersebut yaitu salah satunya dengan menggunakan buku teks. Dengan banyaknya buku yang beredar, maka perlu selektif dalam pemilihan buku yang akan di gunakan. Maka perlu dilakukan analisis buku teks. Dengan demikian akan dilakukan analisis terhadap buku teks yang berfokus pada materi himpunan dengan menggunakan model prakseologi dengan menggunakan perbandingan dua buku teks matematika yaitu BSE dan Buku Erlangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang akan di gunakan peneliti ada dua metode yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa model referensi epistemologi dan perbandingan dua buku yang berdasar model referensi epistemologi. Model referensi epistemologi yang akan peneliti bahas pada hasil penelitian ini berupa dua bentuk kajian teori dan lima bentuk kajian teknologi. Menghasilkan kesimpulan untuk kategori teori, buku teks yang memuat teori menyerupai referensi model epistemologi yaitu buku erlangga. Karena BSE tidak memuat teori pertama uji kemampuan bersyarat. Sedangkan untuk ketegori teknologi, kedua buku teks memuat teknologi bentuk pertama dan teknologi bentuk kedua. Selanjutnya yang mendekati teknologi bentuk ketiga yaitu buku Erlangga. Sedangkan untuk teknologi bentuk keempat, kedua buku teks memiliki presentase yang sama.

Keywords


buku teks; matematika; orgaganisasi prakseologi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agrawal, R., Gollapudi, S., Kannan, A., & Kenthapadi, K. (2011). Identifying enrichment candidates in textbooks. Proceedings of the 20th International Conference Companion on World Wide Web, WWW 2011, 483–492. https://doi.org/10.1145/1963192.1963362

Ain, N., & Kurniawati, M. (2012). Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Inspirasi Pendidikan, 316–328.

Chevallard, Y. (2006). Steps towards a new epistemology in mathematics education. Proceedings of the 4th Conference of the European Society for Research in Mathematics Education (CERME 4), 4(2005), 21–30.

Chevallard, Y., & Sensevy, G. (2014). Anthropological Approaches in Mathematics Education, French Perspectives. Ed. Springer Netherlands, pp. 38–43.

Djalil, M. (2018). Himpunan kosong, keunikan sifat-sifatnya dan alternatif pembelajarannya. (January 2016).

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Islahia, F. H. (2019). Kajian teori dan teknologi fungsi eksponen sma berdasarkan organisasi prakseologi. Skripsi Universitas Islam Sultan Agung.

Khoridah, H. I. (2018). Reposisi Organisasi Prakseologi Materi Pola Bilangan Kurikulum 2006 Ke Kurikulum 2013 Revisi 2017. Skripsi Universitas Islam Sultan Agung, (2). https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005

Kusmaryono, I., Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2020). Upaya Perbaikan Kesalahan dan Miskonsepsi Guru melalui Pelatihan Kemahiran Mengajar Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. 3, 58–64.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Ramda, A. H., Kurnila, V. S., & Jundu, R. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 pada Standar Isi Buku Teks Matematika Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 162. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/231

Supatmi, S. (2011). Teori Himpunan. 1–16.

Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2017). Mathematics instruction, problems, challenges and opportunities: A case study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287–291.

Tirta, I. M. (2007). Mendesain PAket Analisis Data dan Media Pembelajaran Statistika. Universitas Jember.

Widyaharti, M. ., Trapsilasiwi, & Fatahillah, A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 untuk Kelas X Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Kadikma, 6(2), 173–184.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v9i1.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994