PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS MATEMATIKA TINGKAT SMA/SMK UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Dedi Nur Aristiyo, Ida Yuniar Triastuti, Eka Farida Fasha

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan mendapatkan instrument soal HOTS yang valid dan layak digunakan. Instrument soal HOTS yang dikembangkan untuk tingkat sekolah menengah baik SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan/dikenal dengan R&D  (research and development). Model yang digunakan R&D Borg & Gall. yang meliputi tahapan:  Studi Pendahuluan, Pengembangan produk, dan Uji Produk. Dari instrument soal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan sangat valid pada masing-masing kategori. Dengan kata lain instrument soal HOTS yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan.


Keywords


Instrumen soal; HOTS; SMA/SMK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati dan Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Anderson, L & Kratwohl, D. R. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesment Jogjakarta: Pustaka Belajar

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asmara, Andes Safarandes, S. B. Waluya dan Rochmad. 2017. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika”. Scholaria. Vol .7 (2). 135-142.

Heong, Y. M. 2011. “The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students”. International Journal of Social and humanity , Vol. 1,No. 2.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusuma, M. D. 2017. “Pengembangan Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Dalam Studi Fisika”. Jurnal Universitas Lampung. Vol 7, hal 32.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. . 2012. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: MITRA CENDIKIA Press.

. 2012. Pengukuran, Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta:Nuha Medika.

Muliyani dan Huriaty. 2016. Pengembangan Instrumen Tes Geometri dan Pengukuran pada Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Math Didactic, Vol.2, No.2.

OECD.. 2004. Learning for Tomorrow’s World – First Results From PISA 2003. Paris: OECD Publishing.

. 2016. PISA 2015 Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

Pamungkas, Aan Subhan. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD”. JPSD. Vol. 3 (2). 228-240.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. “Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. 713-720.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta:Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. 2013, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Uno, Hamzah. 2012. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera.

Woolfolk, A. 2008. Educational Psychology Active earn- ing Edition 10th ed. Pearson Education, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v9i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994