ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH PRODUK ROTI DI UKM ROTI AISYAH PEJOGOL

Yuliyanti Dian Pratiwi

Abstract


Sektor industri pengolahan makanan semakin mengalami tingkat persaingan yang ketat. Hal ini karena peningkatan daya beli konsumen yang berdampak pada tingginya permintaan konsumen dan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian semakin selektif. UKM Roti Aisyah mempunyai masalah dan keluhan konsumen, pengusaha harus memikirkan strategi yang tepat untuk menarik minat konsumen. Salah satu cara dengan mengetahui apa yang yang menjadi faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk, khususnya roti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor keputusan konsumen menjadi pertimbangan dalam memilih produk roti studi kasus pada UKM Roti Aisyah, untuk menguji diantara faktor keputusan konsumen faktor apakah yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk roti studi kasus pada UKM Roti Aisyah. Metode penelitiannya adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi obyektif tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk roti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor keputusan konsumen menjadi pertimbangan dalam memilih produk   roti studi kasus pada UKM Roti Aisyah adalah dari 12 faktor yang dianalisis dapat terbentuk 3 faktor baru dan faktor keputusan konsumen yang dominan paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk roti studi kasus pada UKM Roti Aisyah adalah faktor pertama dengan indikator pembentuknya yaitu keterjangkauan harga, produk yang memiliki banyak varian, pembungkus dan pembayaran.


Keywords


Keputusan Konsumen, Analisa Faktor, Matriks Korelasi, Komponen Transformasi Matriks

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


J.P. Frankel & Wallen N.E. 2018. How to Design and Evaluate Research in Education, New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2015, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2013, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2009, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. 2010, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.

Prahalad, dan Varmestwary. 2009, Co Creation Competence Consumer, USA: Harvard Bussiness Review.

Prasetijo, Ristiyanti, dan Ihalauw, John. 2015, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Priyono, Fredy Agus. 2012, Analisa Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Minyak Goreng Merek Ikan Dorang (Study Kasus Pada PT Ikan Dorang Surabaya (tidak dipublikasikan), Surabaya: PPS Untag.

Rastini. 2011, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menginap Di Hotel Berbintang Tiga, Surabaya: UNTAG.

Ratminto dan Atik. 2015, Manajemen Pelayanan. Yogyakarta.

Sudrajad, A.B., Andriani, D.R. 2015, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Abon Jamur Tiram di Perusahaan Ailanifood Kota Malang Jawa Timur, Jurnal Habitat, 26 (2).

Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabeta.

Sutrisyo, H. E., & Tecoalu, M. 2016, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kue Sorabi Hijau Rengasdengklok, Manajemen Bisnis Kompetensi, 11(01).

Supangat, Aditya Hangga. 2017, Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol 6 No 9.

Tjiptono, F. 2012, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v9i1.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994