ANALISIS EKONOMI AKIBAT COVID DENGAN MATEMATIKA DAN 19 DALAM METODE HAHSLM

R Mochamad A

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara ekonomi dan matematika dengan Islam. Dalam penelitian ini dijelaskan adanya kaitan antara fenomena yang ada yaitu covid 19 dengan bilangan matematika 19 dan agama islam dan ekonomi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif dan studi literatur. Sedangkan metodlogi yang digunakan adalah metode Hahslm dan analisis komparasi. Dari hasil uji dalam penelitian ini ditemukan bahwa angka 19 merupakan tuhan ibadah yang dimana tuhan menciptakan sesuatu dengan dasar ibadah. Selain itu sesuai dengan rumus Hahslm 472319. Angka 19 ini berkaitan dengan covid 19 yang mengakibatkan perubahan tingkat ekonomi secara global. Perubahan tingkat ekonomi ini dapat dijelaskan dalam ilmu matematika untuk menentukan jumlah PDB. Tingkat ekonomi ini akan semakin membaik seiring berjalannya waktu dan ditemukannya vaksin dari pandemic covid 19.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdussakir. 2017. Ada Matematika Dalam Al-Quran. Jurnal EduTech Vol. 3 No. 1 Maret 2017. 3(1), 1–11. https://doi.org/jmn0228-3 [pii]

Awan, N. M. 2009. Quran and Mathematics-I. In Jihāt al-Islām (Vol. 3, Issue July-December, pp. 39–59). http://iri.aiou.edu.pk/indexing/wp-content/uploads/2016/07/11-quran-and-mathematics.pdf

Aziz, R. M. 2019. “God Equation Of Hahslm 472319 In Universe Creation”. Senatik, Vol 1, Pg 452-461.

Aziz, RM. 2016. “Islam dan Pengetahuan”. Salemba Diniyah, Jakarta.

Aziz, Roikhan Mochamad. 2016. Teori H dalam Islam Sebagai Wahyu dan Turats. Jurnal Ushuluddin, UIN Riau. Volume 24 Nomor 1. ISSN: 1412-0909/E-ISSN: 2407-8247. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin

Basya, Fahmi. 2004. “Matematika Islam (Matematika Al-quran)”, Jakarta: Pusat Studi.

Basya, Fahmi. 2003. “Matematika Al-Quran”. Jakarta: Pustaka Quantum Prima.

Basya, Fahmi. 2005. “Matematika Islam”. Jakarta: Penerbit Republika.

Hamid, A. R. A. H. 2020. Social responsibility of medical journal: A concern for covid-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 29(1), 1–3. https://doi.org/10.13181/mji.ed.204629

Huda, M., & Mutia, M. 2017. Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Fokus Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182. https://doi.org/10.29240/jf.v2i2.310

Irawan, W. H., Abdussakir, & Kusumawati, A. 2005. Rahasia bilangan dalam Al- Qur ’ an. Penelitian Ilmu Pengetahuan Terapan, 01, 66.

Iryani, E. 2017. Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 66–83.

Johanes., Kastolan. 2003. “Kompetensi Matematika”. Jakarta: Nudhistira

Mukharom, M., & Aravik, H. 2020. Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Penanggulangan Coronavirus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15096

Nadeem, S. 2020. Coronavirus Covid-19: Available Free Literature Provided By Various Companies, Journals and Organizations Around the World. J Ong Chem Res, 5 (1) (March), 7–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.3722904

Nasution, A. A. 2013. Matematika dalam Al-Quran. Logaritma, 1(1), 112–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1111/j.1532-5415.2008.01851.x

Nasution, Abdul Fattah. 2017. Impelemntasi Konsep Matematika Dalam Al-Quran Kurikulum Madrasah. Labuhanbatu. Al Washliyah University Labuhanbatu, Indonesia https://media.neliti.com/media/publications/59024-ID-implementasi-konsep-matematika-dalam-al.pdf

Nishiura, H., Linton, N. M., & Akhmetzhanov, A. R. 2020. Serial interval of novel coronavirus (COVID-19) infections. International Journal of Infectious Diseases, 93, 284–286. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.02.060

Syah Aji, R. H. 2014. Khazanah Sains Dan Matematika Dalam Islam. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 1(1). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1534

Whiteside, D. T. 1978. Islamic Mathematics. Nature, 273(5657), 78–78. https://doi.org/10.1038/273078a0

WHO. 2020. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Reports. April 1 2020. WHO Situation Report, 2019(72), 1–19. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200324-sitrep-64-covid-19.pdf?sfvrsn=703b2c40_2%0Ahttps://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200401-sitrep-72-covid-19.pdf?sfvrsn=3dd8971b_2

Zaharah, Z., & Kirilova, G. I. 2020. Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v9i1.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994