PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATRIKS KELAS XI SMA NEGERI 1 SABAK AUH

Nurwafirotul Hairani

Abstract


Abstrak Bahasa Indonesia ditulis sesuai dengan format abstrak bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flipbook dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi matriks kelas XI SMA Negeri 1 Sabak Auh yang layak digunakan atau sudah teruji kevalidan dan kepraktisannya. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model penelitian Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiono dan sudah dimodifikasi sesuai dengan keperluan peneliti, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar angket respon guru, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan memiliki validasi nilai persentase 83,33 dengan kriteria cukup valid, dan nilai kepraktisan yang diperoleh dari angket respon guru yakni dengan nilai persentase 90,0  dengan kriteria sangat praktis, serta angket respon peserta didik dengan nilai persentase 87,39 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan media pembelajaran flipbook dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi matriks kelas XI SMA Negeri 1 Sabak Auh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan atau sudah teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flipbook, Problem Based Learning


Keywords


Media Pembelajaran, Flipbook, Problem Based Learning

Full Text:

PDF-INDONESIA

References


Abdullah, R. 2016. Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal. 4(1), 35-49.

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ariawan, R., Al-Kurniasari., Adhar, L. A., & Yolanda, F. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook dengan Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA. Journal for Research in Mathematics Learning. 5(1), 001-010.

Ariawan, R., & Putri, K. J. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Pendekatan Visual Thinking pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Journal for Research in Mathematics Learning. 3(3), 293-302.

Desilawati., & Amrizal. 2014. Guru Profesional Di Era Global. Pengabdian Kepada masyarakat, 20 (77), 1-4.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hayati, S., Budi, A, S., & Handoko, E. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), (4), 49-54.

Ramli, M. 2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(20): 61-85.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widyasari, I., Zetriuslita., Istikomah, E., & Herlina, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Jurnal Derivat, 8(1), 61-71.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. Jurnal SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2),170–177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v12i1.2922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0