PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI PRISMA DAN LIMAS

Suci Rohmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul mencapai KKM, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul lebih baik daripada prestasi belajar dengan model pembelajaran ekspositori, dan motivasi berprestasi matematika siswa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni kelas VIII pada materi prisma dan limas.


Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 77,6765 dan kelas kontrol sebesar 69,1571. Hasil uji ketuntasan dengan uji t diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji beda rata-rata diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata prestasi belajar matematika kelas kontrol. Dari hasil uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 36,4%, berdasarkan ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul efektif dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Model Pembelajaran Tipe Talking Stick, Prestasi Belajar, Prisma dan Limas

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Srategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krisna, Evi Dwi. 2013. “ Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. e-Journal Progam Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1-11.

Sugiyono. 2010a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010b. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v2i2.430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0