Keefektifan Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Alat Peraga Materi Lingkaran Kelas VIII

Chairunnisa Chairunnisa

Abstract


Proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 12 Pekalongan masih berpusat pada guru, pembelajaran yang seperti ini, siswa tidak mengoptimalkan apa yang dimiliki siswa. Oleh karena itu,siswa tidak ada motivasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah prestasi belajar matematika siswa materi lingkaran kelas VIII dengan model pembelajaran team quiz berbantuan alat peraga mencapai ketuntasan belajar (2) apakah rata-rata prestasi belajar matematika siswa materi lingkaran kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran team quiz berbantuan alat peraga lebih baik dari rata-rata yang diajar dengan model pembelajaran langsung (3) apakah motivasi belajar siswa kelas VIII berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data penelitan ini yaitu metode tes dan metode angket. Hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan uji ketuntasan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa samadengan 75% (2) berdasarkan uji beda rata-rata yang menggunakan uji t menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar matematika kelas dengan model pembelajaran team quiz berbantuan alat peraga adalah 80,1 secara statistik lebih baik dari pada prestasi belajar kelas dengan model pembelajaran langsung adalah 69,5 (3) berdasarkan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan persamaan regresi Y= 49,031+0,715X sebesar 30,4%. Berdasarkan ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model team quiz berbantuan alat peraga efektif pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 12 Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014.

Keywords


Keefektifan, Team Quiz dan Alat Peraga

Full Text:

PDF

References


Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Listyawan,wawa. 2012. Model Pembelajaran Quiz Team (Active Learning). (online) http://alaskawruh.blogspot.com/2012/06/pembelajaran-aktif-active

Mulyani, Sri. 2013. Pembelajaran Matematika dengan Alat Peraga Berpasangan.

Rusman.2010.Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Silberman, M. 2006. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif. Lingkugan, Kreatif, Efektif dan Menarik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Uno, Hamzah dan Mohamad Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v3i2.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN 2303-3983 (printed) | 2548-3994 (online)
Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Gedung C Lantai 2 Jalan Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan
website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/index

Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika by Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan is licensed under CC BY-SA 4.0