Efek Suplementasi Enzim Papain dalam Pakan Komersil terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan dan Pertumbuhan Ikan Tawes (Barbonymus gonionotus)

Laila Safitri, Annisa Novita Safitri, Tholibah Mujtahidah

Abstract


Ikan tawes merupakan salah satu ikan endemik Indonesia yang memiliki nilai ekonomi penting dan potensial untuk dibudidayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan enzim papain pada pakan komersil terhadap efisiensi pemanfaatan pakan dan pertumbuhan ikan tawes. Penelitian ini dilakukan selama 30 hari dari bulan Februari-Maret 2023. Lokasi Penelitian di Dusun Dumpoh, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan (enzim papain 0 g, 25 g, 50 g, dan 75 g/kg pakan) dan tiga kali ulangan. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA), jika berbeda nyata antar perlakuan maka dianalisis menggunakan uji BNT. Variabel pengamatan berupa kandungan nutrisi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, rasio konversi pakan, pertumbuhan bobot dan panjang mutlak, kelangsungan hidup, serta kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan enzim papain memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak serta berpengaruh nyata terhadap efisiensi pemanfaatan pakan, rasio konversi pakan, dan pertumbuhan panjang mutlak ikan tawes, namun tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap kelangsungan hidup ikan tawes. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan P3 (75 g/kg pakan) dengan rata-rata efisiensi pemanfaatan pakan 86,35%, rasio konversi pakan 1,17, pertumbuhan bobot mutlak 2,59 gram, dan pertumbuhan panjang mutlak 1,31 cm. Kualitas air selama penelitian masih dalam kisaran yang layak untuk pemeliharaan ikan tawes (Barbonymus gonionotus).


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.31941/penaakuatika.v22i2.3223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pena Akuatika : Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan indexed by :

                

 

Universitas Pekalongan

Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan 

Website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/akuatika/index

ISSN 0216-5449 (printed) 2301-640X (online)

Jl. Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan 
Jawa Tengah. Indonesia,  51111
Telp. (0285) 421 096, 421464, 426800

  

Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License