Efektifitas Penambahan Ekstrak Sonneratia caseolaris Pada Pakan Ikan Kerapu Cantang (Ephinephelus fuscoguttatus X Ephinephelus lanceolatus)

M Bahrus Syakirin, Tri Yusufi Mardiana, Linayati Linayati, Ashari Fahrurrozi, Wijianto Wijianto, Nauval Rabbani

Abstract


Sonneratia caseolaris merupakan jenis tanaman bakau yang banyak dimanfaatkan pada kegiatan akuakultur. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penambahan ekstrak buah mangrove Sonneratia caseolaris yang dicampurkan pada pakan komersil untuk pemeliharaan ikan kerapu cantang (Ephinephelus fuscoguttatus X Ephinephelus lanceolatus). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pemberian dosis perlakuan 5 mg/L, 15 mg/L, dan kontrol dengan masing-masing tiga pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan 15 mg/L ekstrak buah pedada pada pakan komersil adalah dosis terbaik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai biomassa rata-rata 37.78 gr, feed conversion ratio 1.10, survival rate 100%, dan efisiensi pemanfaatan pakan sebesar 90.26%. Selain itu parameter kualitas seperti pH 7.9, oksigen terlarut 5.88 mg/L, suhu 290C, dan salinitas 31 ppt secara keseluruhan masih sesuai baku mutu air untuk kegiatan budidaya ikan air payau. Perlakuan lain yaitu 5 mg/L dan kontrol juga cukup progresif, tetapi tidak seefektif perlakuan 15 mg/L. Kesimpulan penelitian ini adalah Penambahan ekstrak buah mangrove Sonneratia caseolaris pada pakan komersil ikan kerapu cantang dinilai cukup efektif dengan pengambilan dosis ekstrak sebesar 15 mg/L. Indikator nyata yang dapat dilihat adalah nilai parameter biomassa ikan, feed conversion ratio, survival rate, dan efektifitas pemberian pakan.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.31941/penaakuatika.v22i2.3484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pena Akuatika : Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan indexed by :

                

 

Universitas Pekalongan

Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan 

Website : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/akuatika/index

ISSN 0216-5449 (printed) 2301-640X (online)

Jl. Sriwijaya No. 3 Kota Pekalongan 
Jawa Tengah. Indonesia,  51111
Telp. (0285) 421 096, 421464, 426800

  

Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License