IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA

Toto Priyono Bani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode eksperimen dalam  meningkatkan ketrampilan bereksperimen dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA. Peneliti berperan sebagai pengajar langsung di Kelas XI MIPA SMA. Penelitian ini dilakukan dalam siklus-siklus, tiap siklusnya terdiri dari satu kali praktikum. Model penelitian tindakan kelas yang dipakai adalah model Spiral dan Taggart. Materi yang diajarkan melalui metode  eksperimen  pada penelitian tindakan kelas ini adalah gelombang mekanik. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus yang telah dilakukan pada siswa kelas XI MIPA SMA mata pelajaran fisika materi gelombang mekanik, dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan nilai rata-rata keterampilan eksperimen siswa dari 62,1 menjadi 66,2. Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 47,3 postest siklus I sebesar 55,2 meningkat menjadi 60,5 pada siklus II.

Keywords


metode eksperimen; gelombang mekanik; hasil belajar fisika

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. A. dan Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. ( Agung Prihantoro, Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Buku asli diterbitkan tahun 2001.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. XIII.

Ghony, M. Djunaidi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN-Malang Press.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rismawati, Ratman, dan Andi Imrah Dewi. 2016. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa Kelas IV SDN No.1 Balukang 2. Palu: Jurnal Kreatif Tadulako

Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2002). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja.

Sudrajat, Ahmad. (2013). Teori Pendidikan dan Kurikulum. Diakses tanggal 5 Desember 2018 dari http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/

Suparwoto. (2007). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: DIPA UNY.

Suryabrata, S. (1993). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali.

Susilo. (2013). Metode Penelitian Bidang Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, Andrian Rustaman. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta didik. Bandung : Humaniora.

Wiraatmadja, Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v7i2.890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

printed ISSN : 2303-3983

electronic ISSN : 2548-3994